Sunday, June 17, 2007

Sembilan Sungai, Batanghari Sembilan

Propinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dialiri banyak sungai besar. Salah satunya, sungai Musi yang berhulu di gugusan Bukit Barisan dan bermuara di laut tepian pantai Timur Sumatra ini. Karena terdapat 8 sungai besar yang menjadi anak sungai Musi, maka Sumsel di sebut juga Tanah Batanghari Sembilan atau Tanah Sembilan Sungai.

Mendengar kata batanghari sebagian orang akan mengaitkannya dengan nama sungai yang membelah kota Jambi, sungai Batanghari. Namun, Batanghari Sembilan sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan sungai terbesar di propinsi tetangga Sumsel itu. Batanghari dalam beberapa bahasa lokal di Sumsel, misalnya saja bahasa Rambang (Prabumulih), berarti sungai. Bersinonim dengan kali (Jawa) atau river (Inggris).

Kesembilan sungai yang termasuk batanghari sembilan dari hulu hingga ke hilir adalah:

  1. Sungai Musi,
  2. Sungai Batanghari Leko,
  3. Sungai Lalan.
  4. Sungai Lakitan
  5. Sungai Kelingi,
  6. Sungai Rawas,
  7. Sungai Lematang,
  8. Sungai Ogan, dan
  9. Sungai Komering.


Acapkali daftar susunan kesembilan batanghari anak sungai Musi berbeda dengan daftar di atas. Amar Lubay di blognya memasukkan sungai Enim dan sungai Rambang ke dalam daftar, menggantikan sungai Batanghari Leko dan Lalan.

Sekadar catatan, Sungai Enim yang membelah kota Muara Enim bukan anak sungai Musi. Lebih tepat disebut sebagai ”cucu”sungai Musi, mengingat sungai Enim bermuara di sungai Lematang. Pun demikian dengan sungai Rambang yang terdapat di tepian kota Prabumulih. Sungai Rambang berakhir di sungai Ogan.

Jika daftar sembilan batanghari yang terdapat di atas belum tepat, bolehlah pembaca memberikan koreksi.[]

No comments:

Post a Comment

Silakan Komentar, tapi jangan nyampah :D

banner8.gif