Monday, July 9, 2007

Sungai Kelekar “Dihijaukan”

  • Menhut Tanam Pohon

PRABUMULIH, SRIPO—Pemkot Prabumulih mencanangkan penghijauan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kelekar dan Bumi Perkemahan Pramuka Prabumulih. Penghijauan ini ditandai dengan penanaman pohon oleh Menteri Kehutanan MS Kaban, Senin (9/7).

Menurut Menhut RI, MS Kaban DAS memiliki arti penting bagi kehidupan masyarakat. Sebab banyak terjadi kekeringan pada musim kemarau, dan tiba-tiba banjir saat musim hujan, akibat DAS yang tidak lagi lestari.

“Jika DAS hijau, maka sudah pasti persediaan air akan melimpah. Sebab DAS memiliki fungsi meresap, dan mengendalikan air hujan,” katanya. Untuk itu, selain pemerintah, peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mendukung pelestarian DAS. Sungai Kelekar di Prabumulih adalah salah satu sungai yang kini sudah tidak memiliki persediaan mata air yang banyak. Makanya, sungai itu cepat sekali mengalami kekeringan. Kaban juga mengungkapkan pada tahun ini pihaknya juga membuat program hutan tanaman rakyat (HTR). Program tersebut merupakan program hutan untuk rakyat, setelah sebelumnya pemerintah membuat program hutan tanaman industri (HTI). Sebagai permulaan akan diresmikan HTR seluas sekitar 20.000 hektare di Sulawesi Tengah, imbuhnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih pada Tahun 2007 telah membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Kita melibatkan semua unsur terkait untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ujar Walikota Prabumulih, Drs H Rachman Djalili, MM dalam acara Gerakan Indonesia Menanam yang dihadiri Menteri Kehutanan, HMS Kaban, SE, Msi di Bumi Perkemahan Pramuka, Desa Pangkul, Prabumulih, Senin (9/7). Menurutnya, pembentukan tim juga dibarengi pembentukan posko yang dipusatkan di Mapolres Prabumulih.

Selain itu juga dibentuk 7 unit posko di setiap titik rawan kebakaran. Sedangkan unsur tim terpadu tersebut, terdiri atas seluruh instansi terkait di lingkunan Pemkot Prabumulih, Polres, Kejaksaan Negeri Batalyon Zeni Tempur 02/SG, Pertamina EP Region Sumatera, dan seluruh jajaran pemerintahan sampai ke tingkat desa/kelurahan.(nik)

No comments:

Post a Comment

Silakan Komentar, tapi jangan nyampah :D

banner8.gif