Saturday, August 18, 2007

Mencari Prabumulih? Haa... Ada di Lampung?!

Saya belum lama ini menginstal pirantilunak (software) Google Earth. Piranti lunak hasil kembangan perusahaan Keyhole yang kemudian diakuisisi oleh Google ini, merupakan layanan virtual untuk menjelajahi peta dunia.

Pada intinya, layanan ini dibangun berdasarkan citra satelit. Berdasarkan rangkaian foto/citra satelit tersebut, Google Earth dapat menyajikan foto tempat-tempat se-dunia dalam tampilan 3 dimensi.

Google Earth bisa diunduh (download) secara gratis. Proses mengunduhnya gampang. Caranya tinggal ketik Google Earth di situs pencarian Google. Lalu instal di komputer anda!

Jika sudah diinstal, kita seolah bisa keliling dunia. Begitu dibuka, program ini menyajikan sebuah gambar bola bumi 3 dimensi yang bisa diputar-putar serta bisa diterawang (zoom) untuk memperbesar dan memperkecil tampilan.

Yang pertama saya cari ketika memakai program ini adalah kampung halaman saya. Ya, Prabumulih. Prabumulih itu di Sumatera Selatan, kan? Pastinya, iya!

Nah, dengan Google Earth, tempat yang ingin kita kunjungi secara virtual bisa dicari dengan cara manual yaitu memutar bola bumi serta menerawang gambar. Cara yang lebih praktis adalah dengan mengetik nama tempat misalkan Prabumulih pada kolom fly to yang ada di pojok kiri atas tampilan.

Selanjutnya, biarkan Google Earth mencarikannya sembari kita merokok atau menyeruput kopi. Mungkin malah tak sempat. Karena proses ini tak banyak makan waktu.

Ketika saya mencari Prabumulih, ternyata Prabumulih itu ada di Lampung, hahahaha... Dan sayangnya, tampilannya pun belum rinci.



Berbeda dengan misalnya kita mencari kota-kota besar, misalkan Palembang, Jakarta, atau Banda Aceh. Gambar yang ditampilkan akan lebih jelas dan rinci.

1 comment:

  1. kak syam cuka nyarinye pakai manual, soalnye aku nyari dusunku di pinggir sungai lematang ketemu, soalnye aku kenal alur/ kelokan sungainye, kebetulan tebat agung sudah ditandei

    ReplyDelete

Silakan Komentar, tapi jangan nyampah :D

banner8.gif