Wednesday, August 15, 2007

Ragam Bahasa Sumatera Selatan

"Apa kabar, Wong kito galo?" sambut beberapa teman tatkala saya bertemu mereka, entah di Bogor, entah di Jakarta.

Kalau sedang nyinyir, saya sambut sapaan itu dengan, "Bukan wong kito galo. Saya bukan orang Palembang. Saya kan orang Prabumulih, jadi wang (kadang; uhang) kite gale!"

Lho, beda?

Terang saja berbeda. berpanjang-panjanglah saya jelaskan ada banyak sekali ragam bahasa (daerah) yang hidup di tanah Sumatera Selatan (Sumsel). Bahasa Palembang, hanya salah satunya. Ada bahasa Ogan, Komering, Musi, Lematang, dan lain sebagainya.

Berapa banyak?

Sampai di sini, saya 'terpaksa' membual. Saya sebut sembarang angka, 385 bahasa daerah. Itu belum termasuk logat.

Sebenarnya, saya tidak tahu berapa persisnya jumlah bahasa (dearah)di Sumsel. Tapi angka tiga ratus delapan puluh lima jadi lekat dan kerap saya sebut dalam banyak kesempatan. Atau, barangkali memang belum ada yang telah melakukan penghitungan terhadap hal ini. Boleh jadi, Prof. Amran Halim, mantan Rektor Universitas Sriwijaya yang ahli bahasa itu sudah meneliti dan mengetahui jumlah bahasa daerah di Sumsel.

Namun yang pasti, meski hasil bualan, belum pernah ada yang membantah angka yang sembarang saya sebut itu. Padahal bukan angka cantik :-D []




1 comment:

  1. Padahal saya sering nyebut 50 macem saje. Kalah ye aku hehhe.. mokaseh tulesannye, Pak. Heriyati, budak Merinim

    ReplyDelete

Silakan Komentar, tapi jangan nyampah :D

banner8.gif